SA’ADAH, ARISTIA NUR (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN WONOKROMO 1 TIKUNG LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf Download (437kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) |
|
Text
DAFTAR ISI APRISTIA.pdf Download (96kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (571kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (717kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (587kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (430kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (371kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (672kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Implementasi Model Pembelajaran Tematik dalam Pembelajaran pendidikan Agama Islam di SDN Wonokromo 1 Tikung Lamongan”. Dari judul tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Tujuan dari penelitian kualitatif ini adalah untuk menggambarkan implementasi model pembelajaran tematik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan mengevaluasi dampaknya terhadap pemahaman dan minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama siklus pembelajaran dengan melibatkan siswa kelas V di SDN Wonokromo 1 Tikung Lamongan. Dalam penelitian ini, tidak hanya seluruh perangkat sekolah saja yang terlibat, akan tetapi peneliti juga terlibat dalam proses implementasi dan pemantauan perubahan yang dilakukan di lingkungan nyata, seperti di SDN Wonokromo 1 Tikung Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran tematik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam mampu meningkatkan keterlibatan dan minat siswa. Dalam setiap siklus pembelajaran, siswa terlibat dalam proyek- proyek penelitian, diskusi kelompok, dan kegiatan lapangan yang terkait dengan tema yang dipilih. Selain itu, integrasi nilai-nilai agama Islam dalam mata pelajaran lain seperti bahasa Indonesia, seni, dan sains, membantu siswa untuk melihat keterkaitan antara agama dan kehidupan sehari-hari mereka. Selama penelitian berlangsung, pemahaman siswa terhadap konsep-konsep agama Islam juga meningkat. Mereka mampu mengaitkan nilai-nilai Islam dengan tema yang sedang dipelajari dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa juga akan mulai menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berpikir kritis, kolaborasi, dan komunikasi dalam konteks pembelajaran tematik. Untuk menunjang faktor keberhasilan dalam penelitian ini, diharapkan agar perangkat sekolah terutama guru pendidikan agama Islam mengadopsi model pembelajaran tematik dalam pembelajaran mereka. Pendekatan ini nantinya dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman konsep-konsep agama Islam, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM |
Depositing User: | Perpus admin UNISLA |
Date Deposited: | 28 Dec 2023 05:43 |
Last Modified: | 28 Dec 2023 05:43 |
URI: | http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1085 |
Actions (login required)
View Item |