EFEKTIVITAS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF BUSY BOOK PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD MUTIARA II PERUMNAS MADE LAMONGAN

SA’ADAH, . (2023) EFEKTIVITAS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF BUSY BOOK PADA ANAK KELOMPOK A DI PAUD MUTIARA II PERUMNAS MADE LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
01. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (180kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (113kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (210kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Kemampuan Membaca Permulaaan Melalui Alat Permainan Edukatif Busy Book Pada Anak Kelompok A Di Paud Mutiara II Perumnas Made Lamongan”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan yang disebabkan karena faktor kurangnya konsentrasi anak disebabkan karena kurang menariknya kegiatan pembelajaran yang diberikan pendidik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas kemampuan membaca permulaan melalui alat permainan edukatif busy book pada anak kelompok A di Paud Mutiara II perumnas made lamongan. Kemampuan membaca permulaan mempunyai peranan penting bagi anak dalam aspek bahasa. Diketahui bahwa rata-rata anak kelompok A tingkat kemampuan membaca permulaan masih rendah. Maka kita sebagai guru harus menggunakan cara menarik untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak melalui alat permainan edukatif busy book karena merupakan salah satu alat permainan edukatif yang menarik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen one group pretest-posttest-design. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan paired samples t-test, Uji paired sample t-test dengan taraf signifikasi 5% (a = 0.05) kriteria uji sebagai berikut jika nilai (Sig) ≤ 0,05 maka Ho ditolak, jika nilai (Sig) ≥ 0,05 maka Ha diterima. Berdasarkan nilai T hitung ≥ T tabel menunjukkan adanya perbedaan antara hasil pretest dan posttest dimana hasil posttest lebih tinggi dari hasil pretest. Dan juga dibuktikan melalui uji hipotesis melalui uji paired samples t-test menggunakan SPSS 26 yang menunjukkan hasil penelitian skor pretest 172, skor posttest 406 yang mengalami peningkatan yang signifikan sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Alat Permainan Edukatif Busy Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 16 May 2024 05:20
Last Modified: 16 May 2024 05:20
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2302

Actions (login required)

View Item View Item