EFEKTIVITAS KEGIATAN MEWARNAI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI KELOMPOK A TK MUSLIMAT DARUL ULUM PETIYIN SOLOKURO LAMONGAN

TRISNA, NINDI ATIKA PUTRI (2023) EFEKTIVITAS KEGIATAN MEWARNAI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI KELOMPOK A TK MUSLIMAT DARUL ULUM PETIYIN SOLOKURO LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx.pdf

Download (565kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.docx.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB II.docx.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB III.docx.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] Text
BAB VI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)

Abstract

Kegiatan mewarnai hendaknya menciptakan suasana yang menyenangkan dan menjadi tempat anak untuk berekspresi. Dengan kreativitas tinggi yang dimiliki seorang anak, maka individu tersebut akan memiliki pengembangan diri secara optimal. Diketahui bahwa rata-rata anak di TK Muslimat Darul Ulum Petiyin Solokuro tingkat kreativitas anak masih rendah. Maka dari itu sebagai guru menggunkan cara untuk meningkatkan kreativitas anak dengan kegiatan mewarnai anak akan merasa senang dan semangat dalam pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Efektivitas kegiatan mewarnai dalam meningkatkan kreativitas anak kelompok A TK Muslimat Darul Ulum Petiyin Solokuro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksperimen design yaitu menggunakan One group pretes-posttest. Berdasarkan hasil yang telah dilakukan terdapat peningkatan yang signifikan pada kreativitas anak usia dini. Dikarenakan kegiatan mewarnai dapat menarik anak untuk dapat mengembangkan krativitasnya serta dapat meningkatkan ide-idenya. Dapat dibuktikan pada hasil penelitian dengan uji paired Sampel t-test dengan menggunakan SPSS versi 26 mendapatkan nilai sig 126 dapat di artikan hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima sehingga penelitian ini memberikan pengaruh yang signifikan pada kreativitas anak usia dini Kelompok A TKMuslmat Darul Ulum Petiyin. Terdapat perbedaan dari hasil pre-test dengan skor 67 sedangkan post-test dengan skor 146. Perbedaan belajar pada tes awal pre-test dan akhir post-test karena adanya adanya dilaksanakan perlakuan (treatment) dengan mewarnai menggunakan kreativitas anak yang dilakukan 2 minggu. Kegiatan mewarnai kelompok A dinyatakan efektif untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mewarani, Kreativitas Anak, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 13 May 2024 04:33
Last Modified: 13 May 2024 04:33
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2295

Actions (login required)

View Item View Item