PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA ANAK UNTUK MENANAMKAN NILAI–NILAI LUHUR TOKOH NAHDLATUL ULAMA’

WINARTI, ATALIA WAHYU (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA ANAK UNTUK MENANAMKAN NILAI–NILAI LUHUR TOKOH NAHDLATUL ULAMA’. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB 1.docx.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB II.docx.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB III.docx.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (804kB)
[img] Text
BAB VI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengembangan Media Buku Cerita Anak Untuk Menanamkan Nilai–Nilai Luhur Tokoh Nahdlatul Ulama’ , di TK Dharma Wanita Mangkujajar Kembangbahu Lamongan, dengan menggunakan media buku cerita bergambar, tujuan penelitian ini agar anak dapat mengenal dan menanamkan nilai– nilai luhur tokoh Nahdalatul Ulama sejak usia dini serta menanamkan nilai moral dan agama pada anak usia dini yang sesuai dengan STTPA anak usia 5-6 tahun, yang masih tergolong rendah karena disebabkan dengan penggunaan media yang masih kurang. Adapun langkah yang ditempuh dalam penelitian ini menggunakan model Borg and Gall yang hanya menggunakan 7 langkah saja yaitu pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba produk, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk. Data yang diperoleh berupa data kualitatif diperoleh dari hasil komentar serta saran dan data kuantitatif digunakan untuk mengetahui hasil dari angket uji validasi dan uji. Hasil validasi ahli media mendapatkan persentase 92,86%, ahli materi 88,33%, dan ahli praktisi 90%. Hasil uji coba perseorangan mendapatkan persentase 91,76%, hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase 91,76% dan hasil uji coba lapangan mendapatkan persentase 92,12%. Semua hasil persentase validasi dan uji coba masuk dalam kategori “valid atau tidak perlu revisi”. Hasil peningkatan yang dari jumlah nilai pretest diperoleh melalui test pembelajaran sebelum menggunakan media buku cerita bergambar dengan nilai 1.006,25 sedangkan jumlah nilai posttest diperoleh melalui test pembelajaran setelah menggunakan media buku cerita bergambar dengan nilai 1.494.06. perbedaan jumlah hasil nilai belajar anak pada tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) karena dengan pemberian perlakuan (treatment) atau melalui pengenalan pembelajaran menggunakan media buku cerita bergambar dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar untuk kemampuan mengenal tokoh nahdlatul ulama’ pada anak usia 5-6 tahun di TK dharma wanita mangkujajajr kembangbahu Lamongan “layak” digunakan untuk kegiatan pembelajaran mengenal nilai-nilai luhur tokoh Nahdalatul Ulama’

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: buku cerita bergambar Mengenal tokoh Nahdalataul Ulama’, Usia 5-6
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 13 May 2024 03:01
Last Modified: 13 May 2024 03:01
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2284

Actions (login required)

View Item View Item