PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BOOK BERBASIS SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III DI UPT SD NEGERI 295 GRESIK

NADA, AILSA QOTHRUN (2023) PENGEMBANGAN MEDIA FUN THINKERS BOOK BERBASIS SCIENTIFIC PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III DI UPT SD NEGERI 295 GRESIK. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf

Download (284kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (345kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (456kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (635kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (673kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
9. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)

Abstract

Pengembangan Media Fun Thinkers Book berbasis Scientific pada Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas III didasarkan pada beberapa permasalahan diantaranya : pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang inovatif, kurang menariknya proses pembelajaran sehingga menjadikan siswa bosan dan jenuh dalam proses pembelajaran Bahasa Jawa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran prosedur pengembangan media Fun Thinkers Book berbasis Scientific pada Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas III pada materi jenise tembung lan ukara, serta untuk mengetahui kemenarikan dan kelayakan media Fun Thinkers Book berbasis Scientific pada pembelajaran Bahasa Jawa Kelas III. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan secara terbatas di MI Ihyaul Islam dan UPT SD Negeri 295 Gresik karena adanya keterbatasan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Fun Thinkers Book berbasis Scientific pada pembelajaran Bahasa Jawa memiliki tingkat kelayakan yang dibuktikan dari hasil validasi ahli materi 88%, hasil validasi ahli bahasa 94% dan hasil validasi ahli media 89%. Dan memiliki tingkat kemenarikan dari uji coba perseorangan dengan hasil 92%, uji coba kelompok kecil 96% dan uji coba operasional dengan hasil 98%. Maka dapat disimpulkan bahwa media Fun Thinkers Book berbasis Scientific pada pembelajaran Bahasa Jawa memenuhi kriteria layak/valid dan menarik untuk siswa kelas III.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Fun Thinkers Book, Scientific, Bahasa Jawa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Depositing User: Perpus UNISLA LAMONGAN
Date Deposited: 18 Apr 2024 04:38
Last Modified: 18 Apr 2024 04:38
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/2252

Actions (login required)

View Item View Item