IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AL-MANAR KECAMATAN SAMBENG KABUPATEN LAMONGAN

SIGIT PRASETYO, MUHAMMAD (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AL-MANAR KECAMATAN SAMBENG KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
151710027 MUHAMMAD SIGIT PRASETYO_Cover.pdf

Download (351kB)
[img] Text
151710027 MUHAMMAD SIGIT PRASETYO_Abstrak.pdf

Download (437kB)
[img] Text
151710027 MUHAMMAD SIGIT PRASETYO_Daftar Isi.pdf

Download (710kB)
[img] Text
151710027 MUHAMMAD SIGIT PRASETYO_Bab I.pdf

Download (463kB)
[img] Text
151710027 MUHAMMAD SIGIT PRASETYO_Bab II.pdf

Download (889kB)
[img] Text
151710027 MUHAMMAD SIGIT PRASETYO_Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
151710027 MUHAMMAD SIGIT PRASETYO_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
151710027 MUHAMMAD SIGIT PRASETYO_Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
151710027 MUHAMMAD SIGIT PRASETYO_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Program Tahfidz di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Manar Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan menggunakan jenis penelitian kualitatif, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program tahfidz Al-Qur’an, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implentasi program Tahfidz Al-Qur’an serta solusi untuk mengetahui faktor penghambat dalam implementasi program Tahfidz Al-Qur’an di SDIT Al-Manar Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Hasil dari penelitian ini, yang pertama adalah implementasi program Tahfidz Al-Qur’an yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas kecil dan kelas besar yang mana untuk kelas kecil dilatih untuk menghafal do’a-do’a sholat dan melatih membaca jilid dengan menggunakan metode ummi, adapun pada kelas besar yaitu mempunyai target hafalan juz 30 dan 29. Faktor yang mendukung dalam program ini adalah dari yayasan dan kepala sekolah yang memberikan ruang untuk menghafal Al-Qur’an, kemampuan dan semangat siswa dalam belajar menghafal Al-Qur’an, guru yang kompeten dan dukungan dari orang tua serta masyarakat. Sedangkan penghambat dalam implementasi program tahfidz Al-Qur’an ini adalah daya ingat siswa yang rendah dan rasa malas pada diri siswa, untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan cara memberikan motivasi, memberikan reward dan menampilkan hafalan dihadapan masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 09 Feb 2022 05:25
Last Modified: 09 Feb 2022 05:25
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/177

Actions (login required)

View Item View Item