RISMA, MUDZAKI (2021) PENGEMBANGAN MEDIA RODA PINTAR BERKANTONG PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.
Text
151710025 Mudzaki Risma_Cover.pdf Download (25kB) |
|
Text
151710025 Mudzaki Risma_Abstrak.pdf Download (106kB) |
|
Text
151710025 Mudzaki Risma_Daftar Isi.pdf Download (873kB) |
|
Text
151710025 Mudzaki Risma_Bab I.pdf Download (646kB) |
|
Text
151710025 Mudzaki Risma_Bab II.pdf Download (606kB) |
|
Text
151710025 Mudzaki Risma_BAb III.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) |
|
Text
151710025 Mudzaki Risma_Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (880kB) |
|
Text
151710025 Mudzaki Risma_Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
Text
151710025 Mudzaki Risma_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Pengembangan Media Roda Pintar Berkantong pada materi abngun ruang kelas V Sekolah Dasar didasarkan pada beberapa hal diantaranya: (1) peserta didik kurang bersemangat dan berantusias dalam belajar dan cepat bosan dalam kegiatan pembelajaran; (2) peserta didik masih mengalami kesulitan dalam belajar terutama pada mata pelajaran matematika hal ini dikarenakan masih perlu adanya contoh kongkrit; (3) dan belum adanya media pembelajaran pada sekolah tertentu. Mengatasi hal tersebut maka perlu adanya pengembangan media yang tepat. Yaakni media pembelajaran yang dapat meningkatkan antusias maupun motivasi peserta didik dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah serta dapat meningkatkan pengetahuan baru pada peserta didik. Penelitian dilakukan di kelas V pada SDN Sugihrejo II yang berjumlah 7 anak. Adapun tujuan penelitiannya adalah: (1) untuk menghasilkan produk berupa media Roda Pintar Berkantong pada materi bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar; (2) mengetahui tingkat kemenarikan media Roda Pintar Berkantong pda materi bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Borg and Gall. Subyek penelitian produk yaitu ahli materi, ahli media/desain, ahli bahasa, serta ahli pembelajaran dengan sasaran uji coba produk yaitu peserta didik kelas V SDN Sugihrejo I, SDN Sugihrejo II, dan MI Falakhiyah Glagah. Prosedur pengembangan penelitian ini adalah: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan produk; pengembangan draf produk; uji coba skala kecil; revisi produk; uji coba skala besar; uji coba lapangan; dan revisi produk akhir. Hasil validasi media Roda Pintar ini menunjukkan bahwa memiliki tingkat kevalidan materi sebesar 92,5% (sangat valid), kevalidan desain 93,7% (sangat valid), dan kevalidan bahasa 90% (sangat valid), serta hasil uji coba lapangan sebesar 3,85 (sangat baik). Maka dapat disimpulkan bahwa media Roda Pintar Berkantong ini memiliki kelayakan dan tingkat kemenarikan sangat baik atau sangat menarik untuk peserta didik kelas V Sekolah Dasar pada pembelajaran matematika materi bangun ruang
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH |
Depositing User: | Perpus admin UNISLA |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 05:07 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 05:07 |
URI: | http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/175 |
Actions (login required)
View Item |