IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-FUTUH TIKUNG LAMONGAN

DAMAYANTI, WAFIQ AZIZAH (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN AL-FUTUH TIKUNG LAMONGAN. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
halaman sampul.docx.pdf

Download (98kB)
[img] Text
abstrak.docx.pdf

Download (62kB)
[img] Text
daftar isi.docx.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.docx.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.docx.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB III.docx.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] Text
BAB VI.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] Text
Halaman Pustaka.docx.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi pembelajaran metode sorogan dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning di pondok pesantren Al-Futuh Tikung Lamongan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode adalah cara untuk memfasilitasi pelaksanaan kegiatan agar tercapainya pembelajaran sehingga lebih dapat diterima dan dipahami olehsantri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas membaca kitab kuning melalui penerapan metode sorogan. Dalam meningkatkan kualitas membaca kitab kuning meliputi empat hal yaitu, dapat menulis pego, memahami nahwu shorof, lancar membaca ma’na, pemahaman ma’na. Berdasarkan hasil observasi peneliti bahwa, metode sorogan menunjukkan bahwa santri dalam hal peningkatan kualitas membaca kitab kuning mengalami peningkatan yang sangat luas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:09
Last Modified: 05 Jan 2024 06:09
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item View Item