RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN HUMANISME DRIYARKARA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

HARIYANTI, LULUK (2023) RELEVANSI PEMIKIRAN PENDIDIKAN HUMANISME DRIYARKARA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
01. SAMPUL.pdf

Download (49kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (214kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (460kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (85kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
09. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Relevansi Pemikiran Pendidikan Humanisme Driyarkara dengan Pendidikan Agama Islam. Fokus masalah dari penelitian sebagai berikut : 1) Bagaimana pemikiran pendidikan humanisme Driyarkara?, 2) Bagaimana relevansi pendidikan humanisme Driyarkara dengan pendidikan agama Islam?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang berupa kepustakaan (library research). Sumber-sumber data primer diperoleh dari buku kumpulan tulisan Driyarkara ; Karya Lengap Driyarkara, serta karya-karya yang memuat pemikirannya dan pemikiran lain yang berkaitan dengan penelitian ini diposisikan sebagai data pendukung. Hasil dari penelitian ini, yang pertama adalah pemikiran pendidikan humanisme Driyarkara terdapat beberapa pemikiran yakni pemikiran tentang pendidikan dasar, pendidikan humanisme, pendidikan sebagai aktivitas fundamental dan pendidikan sebagai hominisasi dan humanisasi. Dan hasil yang kedua adalah relevansi pemikiran pendidikan humanisme Driyarkara dengan pendidikan agama Islam adalah, 1) Pelaksanaan pendidikan dilaksanakan berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan dan kebebasan peserta didik dalam menentuan proses belajarnya. 2) Proses yang mengedepankan potensi manusia menuju tingkat yang lebih tinggi, kemudian memberikan manusia kesempatan untuk mengembangkan potensi dan juga tanggungjawab atas hidupnya. Adapun sedikit perbedaan pada tujuan pendidikan Islam dengan pemikiran Driyarkara. 3) Proses menjalani hidup, dan penciptaan manusia agar menjadi makhluk terhormat. 4) Proses perkembangan manusia sampai ia bisa mengimplementasikan pendidikan humanisme dalam hidupnya, dan proses kemandirian dalam menghadapi masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:36
Last Modified: 29 Dec 2023 03:36
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/1103

Actions (login required)

View Item View Item