PENGEMBANGAN MEDIA POHON BACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NU 117 AL-HIDAYAH SERAH, PANCENG, GRESIK

SARI INDAH FORTUNA, SUKMA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA POHON BACA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI TK MUSLIMAT NU 117 AL-HIDAYAH SERAH, PANCENG, GRESIK. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN.

[img] Text
161710010 SUKMA SARI INDAH FORTUNA_Cover.pdf

Download (242kB)
[img] Text
161710010 SUKMA SARI INDAH FORTUNA_Abstrak.pdf

Download (432kB)
[img] Text
161710010 SUKMA SARI INDAH FORTUNA_Daftar Isi.pdf

Download (701kB)
[img] Text
161710010 SUKMA SARI INDAH FORTUNA_Bab I.pdf

Download (596kB)
[img] Text
161710010 SUKMA SARI INDAH FORTUNA_Bab II.pdf

Download (376kB)
[img] Text
161710010 SUKMA SARI INDAH FORTUNA_Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
161710010 SUKMA SARI INDAH FORTUNA_Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
161710010 SUKMA SARI INDAH FORTUNA_Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
161710010 SUKMA SARI INDAH FORTUNA_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca permulaan anak kelompk B di TK Muslimat NU 117 Al-Hidayah yang tergolong rendah yang disebabkan oleh media yang masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pohon baca yang layak digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan anak kelompok B. Langkah penelitian yang ditempuh mengikuti model Brog & Gall yaitu pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba produk, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji lapangan dan revisi produk akhir. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif melalui angket dan data kualitatif melalui komentar, saran dan pelaksanaan uji coba yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskripstif kualitatif. Hasil validasi ahli media/desain memperoleh presentase 93,75%, ahli materi/bahasa 83,33% dan ahli praktisi 93,75%. Hasil uji coba perseorangan memperoleh presentase 97,36%, uji coba kelompok kecil memperoleh presentase 98,53% dan uji coba lapangan memperoleh presentase 99,34%. Semua perolehan presentase validasi dan uji coba berada pada kategori “valid dan tidak perlu revisi” sehingga dapat disimpulkan bahwa media pohon baca untuk kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Muslimat NU 117 Al-Hidayah Serah Panceng Gresik “layak” digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: FAKULTAS AGAMA ISLAM > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Depositing User: Perpus admin UNISLA
Date Deposited: 04 Feb 2022 05:54
Last Modified: 04 Feb 2022 05:54
URI: http://eprints.unisla.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item View Item